Minggu, 21 Juli 2013

Penggolongan Statistik


Berikut ini adalah materi bahan pembelajaran kuliah STKIP KN JAKARTA Paket 4 Pertemuan ke-2. 
Statistika deskriptif adalah bagian dari ilmu statistika yang hanya mengolah, menyajikan data tanpa mengambil keputusan untuk populasi. Dengan kata lain hanya melihat gambaran secara umum dari data yang didapatkan. Statistika deskriptif berusaha menjelaskan atau menggambarkan berbagai karakteristik data, seperti berapa rata-ratanya, seberapa jauh data bervariasi dari rata-ratanya, berapa median data dan sebagainya.
Statistika inferensial/Induktif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisa data sampel, dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel berada. Statistika inferensial berusaha membuat berbagai inferensi terhadap sekumpulan data yang berasal dari suatu sampel. Tindakan inferensi tersebut seperti melakukan perkiraan besaran populasi, uji hipotesis, forecasting dsb.
Kedua bagian statistik tersebut dalam prakteknya sering dipakai bersama-sama, namun ada juga yang hanya menggunakan salah satu saja, tergantung dari kebutuhan.  Seringnya dalam penelitian dilakukan statistis deskriptif dahulu, baru statistif inferensial. Misal suatu kegiatan penelitian dalam bidang komputer misalnya: Saya ingin mengetahui penyebab kecepatan internet di Laboratoium Sekolah, apakah benar semakin banyak user yang menggunakan internet akan memperlambat kecepatan internet ?. Nah berangkat dari masalah tersebut maka saya membutuhkan data untuk mengetahui data-data kecepatan internet pada saat usernya hanya 1 orang, kemudian pada saat usernya 2 orang, 3 orang dan seterusnya, sampai semua komputer terpakai semua misalnya, nah data-data tersebut disajikan menggunakan Statistik Deskriptif, setelah itu untuk mengetahui seberapa besar sih, pengaruh banyak user terhadap kecepatan internet ? nah disinilah data-data tersebut perlu dilakukan analisis secara Inferensial atau Induktif, sehingga nantinya diharapkan bisa dibuat suatu kesimpulan yang bisa dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan disuatu tempat yang diteliti.

Sekian Postingan kali ini. selanjutnya untuk bahan materi berikutnya akan segera di Posting bertahap.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

In this manner my colleague Wesley Virgin's autobiography begins with this SHOCKING and controversial video.

As a matter of fact, Wesley was in the military-and soon after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" tactics that the CIA and others used to obtain anything they want.

As it turns out, these are the same methods many celebrities (notably those who "come out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

You've heard that you only use 10% of your brain.

That's really because most of your brain's power is UNTAPPED.

Maybe that expression has even taken place INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about seven years back, while riding a non-registered, garbage bucket of a car without a license and with $3 on his banking card.

"I'm so frustrated with going through life check to check! Why can't I become successful?"

You took part in those thoughts, right?

Your success story is waiting to start. You need to start believing in YOURSELF.

CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S SECRETS

Posting Komentar